QUARTETOOLINDA –¬†Indonesia, dikenal sebagai surga bagi keragaman hayati, menjadi rumah bagi berbagai spesies burung yang mempesona. Salah satu yang menarik perhatian adalah burung Seriti, yang dikenal juga dengan nama lain seperti burung celepuk atau burung cabai. Burung ini menawan dengan suara kicauannya yang merdu, menjadi simbol keindahan alam yang sering terlupakan.

Klasifikasi dan Morfologi Burung Seriti

Burung Seriti merupakan anggota dari keluarga Dicaeidae. Spesies ini memiliki nama ilmiah Dicaeum trochileum dan tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, khususnya di hutan-hutan tropis. Berukuran kecil, burung ini memiliki panjang tubuh sekitar 8-10 cm dengan berat sekitar 6-8 gram. Ciri khasnya terletak pada bulu yang umumnya berwarna hijau zaitun dengan bagian bawah yang lebih terang, serta paruh pendek yang kuat, sempurna untuk memetik buah-buahan kecil.

Habitat dan Perilaku

Habitat asli burung Seriti adalah kanopi dan semak di hutan tropis dataran rendah hingga hutan pegunungan dengan ketinggian sedang. Mereka merupakan burung yang aktif dan lincah, terutama saat mencari makan. Diet utama burung Seriti adalah buah-buahan, terutama fig dan buah-buahan kecil lainnya, serta nektar bunga. Kecakapannya dalam mengonsumsi nektar menjadikannya sebagai agen penyerbukan yang penting bagi beberapa jenis tanaman.

Peran Ekologis

Dalam ekosistem hutan, burung Seriti memiliki peran ganda yang penting: sebagai penyerbuk dan sebagai penyebar biji. Saat mengonsumsi nektar, serbuk sari menempel pada tubuhnya dan kemudian membantu proses penyerbukan saat burung beralih ke bunga lain. Sementara itu, biji dari buah yang dikonsumsi seringkali dibawa jauh dari pohon induknya, membantu dalam proses regenerasi hutan.

Konservasi

Meski tidak termasuk dalam kategori terancam punah, burung Seriti tetap menghadapi ancaman akibat penggundulan hutan dan perubahan habitat. Kegiatan manusia seperti pembalakan liar dan konversi lahan menjadi area pertanian turut mengurangi area hunian alami mereka. Oleh karena itu, upaya konservasi diperlukan untuk memastikan bahwa populasi burung Seriti tetap stabil dan hutan tempat mereka hidup terjaga.

Kesimpulan

Burung Seriti adalah salah satu permata yang berkilauan di mahkota keragaman hayati Indonesia. Keberadaannya yang cenderung tidak mencolok tidak mengurangi pentingnya peran mereka dalam menjaga keseimbangan ekosistem hutan. Melalui pemahaman dan apresiasi yang lebih dalam terhadap spesies ini, kita dapat meningkatkan kesadaran akan pentingnya pelestarian alam dan semua makhluk yang bergantung padanya.